Kondisi Hingga Rencana Revitalisasi Medan Zoo

Dalam tiga bulan terakhir, empat ekor harimau di Medan Zoo dilaporkan mati, diantaranya dua ekor harimau Sumatra bernama Erha pada 3 November 2023, dan Nurhaliza pada 31 Desember 2023. Dua ekor lainnya merupakan harimau benggala yang bernama Avatar juga mati pada 3 Desember 2023, dan Wesa berusia sekitar 19 tahun pada 22 Januari 2024. Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara, Rianda Purba berkata “Ada beberapa pembelajaran harusnya diambil Pemkot Medan, yakni perbaikan infrastruktur hingga memastikan penyediaan fasilitas perawatan, kesehatan, pakan satwa yang memadai,”. Walhi Sumatera Utara tidak mendengar penyebab kematian secara resmi dari PUD Pembangunan selaku pengelola kebun binatang maupun Pemkot Medan saat menerima laporan kematian satwa tersebut.

Melihat kondisi dan fasilitas Medan Zoo yang tidak layak, Walhi Sumatera Utara menegaskan Pemkot Medan ditutup sementara, dan kondisi satwa-satwa yang semakin kritis direlokasi ke lembaga konservasi yang lebih memadai. Wali Kota Medan Bobby Nasution berkata, rencana penutupan Medan Zoo sudah menjadi perbincangan dari beberapa tahun terakhir, ia juga mengatakan akan merevitalisasi Medan Zoo dan mulai menutup Medan Zoo pada bulan Februari untuk perbaikan. “Medan Zoo kita rencanakan dari jauh-jauh hari mulai dari infrastrukturnya ada komentar lainnya, saya bilang kalau mau menolong satwanya datang ke Medan Zoo walaupun kondisinya seperti itu lah perbaikannya harus kita lakukan,” kata Bobby pada Selasa (30/1) lalu.

Sementara itu, masyarakat berbondong-bondong untuk turun tangan menyelamatkan Medan Zoo yang kondisinya sangat mengkhawatirkan. Ratusan relawan yang terdiri dari influencer dan masyarakat di Kota Medan mengadakan kegiatan bersih-bersih di Medan Zoo, juga mengumpulkan donasi yang akan digunakan untuk biaya pangan satwa dan membantu pekerja yang gajinya tertunggak sejak lima bulan terakhir. “Alhamdulillah setelah bersepakat buat aksi dan membuka donasi banyak respons positif dari beberapa donatur kita yang notabenenya dari komunitas, pengusaha, influencer, pelajar, mahasiswa yang ikut andil dalam donasi ini. Dan uang terkumpul mekanisme nanti gimana caranya, fokus kita untuk acara ini adalah untuk satwa,” kata Koordinator Kegiatan Bersih-bersih oleh Influencer untuk Medan Zoo, Eko Kurniawan Rore.

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistener nggak ketinggalan info-info menarik lainya!

Instagram : @m_radioumj

Tiktok : @m_radioumj

Youtube : MRadioumj

(Writer : Salsabilla Narissa D.)

(Editor : Muhammad Ariibah Saputra)

Source : kumparan.com