Masalah Royalti!!, Tik Tok Bakal Hapus Semua Lagu Dari Artis Universal Music Group di Februari, Berikut Daftarnya

Aplikasi TikTok kini menjadi salah satu platform sosial media yang cukup populer di kalangan masyarakat dunia. Selain itu Tik Tok juga bisa membuat klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik yang kita inginkan.

pada hari Selasa 30 Januari 2024 dengan surat terbuka yang mengumumkan, bahwa mereka akan mencabut musiknya dari TikTok setelah perjanjian lisensinya dengan platform tersebut berakhir pada tanggal 31 Januari. Dengan demikian, TikTok menghadapi risiko tidak dapat memutar lagu dari para artis yang berada di bawah naungan UMG di platformnya, termasuk karya-karya dari Taylor Swift, BTS, The Weeknd, Alicia Keys, SZA, Steve Lacy, Drake, Billie Eilish, Kendrick Lamar, Harry Styles, Ariana Grande, Justin Bieber, Adele, U2, Elton John, J Balvin, Brandi Carlile, Coldplay dan masih banyak lagi.

Dalam surat terbuka kepada komunitas artis dan penulis lagu yang berjudul “Mengapa Kita Harus Menghentikan Time Out di TikTok” yang dirilis pada Selasa (30/1/2024), yang dikirimkan oleh pihak Universal Music Group, UMG mengklaim bahwa TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik dengan nilai yang tidak wajar untuk musik tersebut. “Pada akhirnya, TikTok mencoba membangun bisnis berbasis musik tanpa membayar nilai wajar untuk musik tersebut,” ujarnya.

Universal Music Group juga mengeluarkan kritik tajam terkait beredarnya konten musik yang dibuat menggunakan teknologi berbasis kecerdasan buatan (AI). “TikTok bahkan menyediakan sarana untuk menciptakan dan mendistribusikan produk-produk musik berbasis AI di media sosial mereka,” tulis UMG.

Perusahaan musik tersebut menuduh bahwa, selama negosiasi untuk perjanjian baru, TikTok telah “mengusulkan pembayaran kepada artis dan penulis lagu kami dengan tarif yang jauh lebih kecil dari tarif yang dibayarkan oleh platform sosial besar di lokasi serupa”.

Ketika negosiasi terhenti, UMG menuduh TikTok mencoba “mengintimidasi” perusahaan tersebut “dengan secara selektif menghapus musik dari artis tertentu yang sedang berkembang” sambil tetap mempertahankan bintang-bintang besar di platform tersebut.

Dengan demikian, negosiasi keduanya gagal yang berimbas pada keputusan UMG untuk menarik katalog lagu artis-artisnya dari TikTok. Jika UMG menarik katalognya, hal ini akan mempengaruhi semua musik yang didistribusikan dan dikelola oleh divisi musik rekaman serta Universal Music Publishing Group.

Masih dari sumber yang sama, TikTok menyayangkan keputusan UMG yang dianggap tidak mementingkan kepentingan artis dan penulis lagu mereka. Pada akhirnya, UMG memilih untuk meninggalkan TikTok yang bisa menjadi sarana promosi dan penemuan gratis bagi artis-artisnya.

Tangerang Raya

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistener nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

Instagram : @m_radioumj

Tiktok : @m_radioumj

Youtube : MRadioumj

(Write : Ipah Hopipah)

(Editor : Muhammad Ariibah Saputra)

Source : mediaindonesia.com