Hadiri Acara TSOUND RADIO X COMMDAYS 2024

Trisakti School of Management (25/02/2024) – Community Days T-Sound Radio merupakan program kerja tahunan yang diadakan oleh Senat Mahasiswa Trisakti School of Management. Program kerja ini berupa kegiatan yang mengedukasi dengan memanfaatkan kompetisi yang dimiliki mahasiswa/i berupa kegiatan workoshop, seminar, dan kompetisi.

Acara workshop ini diisi dengan meteri interaktif yang mana tidak hanya mendapatkan pengetahuan dari pemeteri, tetapi kita juga bisa berlatih langsung dan mendapatkan feedback dari announcer yang lebih professional.

Pemateri di acara workshop ini dihadiri oleh kak Chaca Raissa, Kak Chaca Raissa sudah menjadi announcer sudah dari sejak SMA. Pertama kali kak Chacha menjadi Announcer itu di OZ radio Palembang 89.2 FM dari tahun 2004 – 2007. Saat disini acara yang dibawakan ada : Penggawa Putih Abu – Abu, Sore Santai, TemPes (Tembeng Pesona Rekues), OZ Top 10 Indie, OZ Weekend.

Lalu pindah dari radio OZ lanjut ke 99ERS Radio Jakarta 99,9 FM, dari tahun 2009 – 2011. Di radio ini kak Chacha mengisi sebagai announcer di waktu  99era Funcky In The Morning (prime time), Funcky Hour (prime time), Funcky Break (request), Funkshion (weekend).

Lalu pindah di tahun 2011 – 2014 Kak Chacha Di radio Mustang 88 FM Jakarta, mengisi sebagai announcer di Rhythm Request, Rhythm of love.

Di tahun 2014 – 2015 pindah ke Indika 91.6 FM Jakarta, mengisi sebagai announcer di Indika Weekend dan Indika Sore.

Kak Chacha juga memberikan motivasi yaitu pintar berbicara saja tidak cukup bagi penyiar radio. Dibutuhkan karakter vocal & integritas yang tinggi terhadap profesi. Integritas disini mulai dari disiplin waktu, keterampilan siaran, pemahaman yang akan dibawakan, self control. Dan kode etik serta kemauan untuk belajar dan meningkatkan kreativitas.

Dan memberikan tips and trick sebagai pemula menjadi penyiar di radio:

  1. Kita harus punya kekkuatan sebagai announcer seperti mengikuti perkembangan zaman seperti menggunakan media sosial (membuat konten yang nnti akan d upload)
  2. Harus bisa menjadikan ini sebagai mood booster
  3. Networking (membuat kita mengenal orang baru)
  4. Mental building and always learning
  5. Time management yang baik

3 hal  penting yang harus  diketahui seorang penyiar radio : 

Radio Announcer :

  1. 5 Si ( artikulasi, intonasi, ekspresi, improvisasi, imajinasi)
  2. Announcing dan vocal character
  3. Mood consistency
  4. Quality
  5. Evaluation

Music :

  1. Genre
  2. Top hits
  3. Theme song

Content :

  1. Opening, bridging, punch line, closing
  2. Topic ( trending/hot/nostalgic/daily experience )
  3. News update

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistener nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

Instagram:@m_radioum

Tiktok :@m_radioumj


Youtube :MRadioumj


(Writer: Faiha Alya )


(Editor: Muhammad Ariibah Saputra)