Jatinegara Kembali Terendam Banjir

Kamis, 14 Maret 2024 ratusan rumah di Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur  terendam banjir hingga mencapai 75 sentimeter (cm). Banjir terjadi akibat meluapnya Kali Ciliwung yang melintasi pemukiman warga dan disebabkan oleh hujan yang terus mengguyur wilayah DKI Jakarta sejak Kamis pagi. “Sekarang ketinggian air mencapai 75 cm. Rumah warga yang terdampak banjir diperkirakan mencapai 250 Unit rumah karena yang terendam banjir ada 4 RT,” kata Sanusi selaku RT 013/RW 04 di Kebon Pala, Kamis (14/03).

Menurut Sanusi, sejak pukul 15.00 WIB luapan air Kali Ciliwung mulai merendam pemukiman warga. Karena tinggi permukaan air di Bendungan Katulampa dan Pos Pantau Depok naik menjadi siaga 3, Sanusi menduga banjir tersebut kiriman dari Bogor dan Depok. “Dari pagi sekira jam 08.00 WIB memang air sudah meluap, tapi cuman sekitar 10 sentimeter. Kita mengira air dari Bogor sampai sini jam 17.00 WIB, ternyata jam 15.00 WIB sudah meluap,” kata Sanusi.

Hingga saat ini, para warga Kebon Pala terpantau belum mengungsi ke posko pengungsian yang disiapkan oleh pengurus lingkungan. Para warga memilih untuk menetap di rumah mereka masing-masing dan mengamankan perabot yang berada di lantai bawah ke lantai dua rumah. “Biasanya pada ngungsi kalau ketinggian banjir sudah dua meteran yang di dataran tinggi, dan 2,5 meter di dataran rendah. Biasanya lansia dan balita yang pada ngungsi duluan,” pungkas Sanusi.

Banjir diduga akan terus meningkat karena adanya air kiriman akibat curah hujan yang tinggi di Depok maupun Bogor. “Kemungkinan bisa naik terus karena kiriman air dari Depok baru sampai, Bogor pun sama, apalagi disana juga hujan,” ucap Deka, Petugas Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) DKI Jakarta, Jumat (15/03). Petugas TRC BPBD siaga di sekitar lokasi bersama petugas Satpol PP untuk mengantisipasi keadaan atau kebutuhan darurat khususnya untuk para lansia.

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistener nggak ketinggalan info-info menarik lainya!

Instagram : @m_radioumj

Tiktok : @m_radioumj

Youtube : MRadioumj

(Writer : Salsabilla Narissa D.)

(Editor : Muhammad Ariibah Saputra)

Source : republika.co.id