MRadio Hadirkan Mantan Penyiar Star Radio Tangerang Sebagai Pemateri Kelas Announcer

Tangerang Selatan — Hari Sabtu 4 November 2023 M-Radio mengadakan program Kelas Announcer yang dimulai pukul 08.30 hingga 15.30 WIB, berlokasi di Lab Radio dan Lab ava lantai 4 Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMJ, Cirendeu. Kelas Announcer adalah salah satu program dari M-Radio untuk membimbing para anggota dan mengembangkan skill yang mereka miliki. Kelas ini dihadiri oleh seluruh anggota announcer M-Radio 2023 dan juga pengurus M-Radio.

M-Radio menghadirkan Mantan Penyiar Star Radio Tangerang yang berpengalaman, inspiratif, dan merupakan bagian dari keluarga besar M-Radio yaitu Muhammad Rofi Fadhila sebagai pemateri. Dengan pengalaman yang beliau miliki, Rofi berbagi pengetahuan seputar announcer seperti menjelaskan berbagai aktivitas yang dilakukan selama siaran berlangsung, bagaimana menciptakan on-air personality dan membuat suatu program siaran menjadi lebih hidup. Selain itu, Roffi menjelaskan mengenai format siaran dan durasi pemutaran lagu atau kerap disebut sebagai Log Book. Pembahasan selanjutnya mengenai TalksetTalkset merupakan sebuah cara untuk memudahkan proses keberlangsungan suatu siaran. Talkset digunakan agar seorang penyiar berbicara lebih terstruktur pada saat siaran berlangsung.

Kegiatan selanjutnya, Rofi menjelaskan beberapa teknis dan pembagian peran announcer sebelum memulai simulasi siaran, lalu mengarahkan para anggota untuk berpasang-pasangan, menyiapkan tema yang akan dibahas saat simulasi, dan melakukan simulasi siaran tersebut. Kemudian, kelas annoucer diakhiri dengan kegiatan Games.

Tujuan M-Radio mengadakan program Kelas Announcer adalah untuk menumbuhkan skill dasar dan membimbing para anggota untuk menambah pengetahuan sebagai seorang announcer Radio.

MRadio adalah radio komunitas mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta di bawah Laboratorium Radio Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang berdiri pada tahun 2007, dengan tujuan melatih dan mengembangkan bakat mahasiswa pada bidang Broadcasting terutama di dunia Radio. Mahasiswa dibimbing belajar membuat script, menjadi penyiar, hingga memproduksi audio dengan standar dan kualitas yang baik. Bagi yang tertarik dengan dunia radio, yuk gabung di MRadio! Untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai kami, kunjungi instagram kami di @m_radioumj