Radio Announcing Competition

Radio announcing competition merupakan salah satu perlombaan yang diadakan khusus untuk announcer yang ada di MRadio, karena hanya diadakan untuk para announcer MRadio, maka MRadio memutuskan untuk mengadakan perlombaan ini di Lab Radio Fisip UMJ.

Radio announcing competition yang diadakan di Lab Radio Fisip UMJ ini dilaksanakan pada 29 Januari 2024 pada pukul 9 pagi sampai dengan 12 siang. Terdapat beberapa announcer yang mengikuti perlombaan ini dan pastinya antusias dari mereka sangat terlihat.

Tema siaran untuk perlombaan ini ditentukan menjadi 3 tema, diantaranya yaitu resolusi 2024, pesta demokrasi, dan yang terakhir UAS di FISIP. 1 dari 3 tema yang ditentukan tersebut membahas tentang politik karena mengingat sebentar lagi Indonesia akan melaksanakan pemilu atau pemilihan umum serentak, dimaksudkan agar para peserta lomba dan audience dapat lebih aware dalam pemilu yang akan dilaksanakan Februari nanti.

Teknis pada perlombaan dibagi menjadi 2 bagian yaitu teknis penyisihan dan teknis final. Teknis penyisihan memiliki ketentuan bahwa setiap partisipan harus siaran di program “SAY TO MORNING” dengan tagline “moodbooster pagi lo”, peserta juga akan dibagi ke beberapa sesi yang dimana setiap sesinya terdiri dari 2 peserta yang akan diundi terlebih dahulu untuk menentukan nomor urut lomba. Apabila peserta terlambat masuk ke dalam room maka akan diberikan toleransi waktu selama 2 menit. Lebih dari it, peserta akan dialihkan ke urutan terakhir sesuai dengan sesinya sampai dikenakan denda sebesar 50.000.

Untuk teknis final peserta diberi waktu selama 6 menit dengan beberapa rincian. Selain itu, ketentuan siaran pun diberlakukan seperti pilihan lagu yang dapat digunakan pada siaran, siaran dilarang mengandung unsur SARA, kekerasan dan pornografi, bagi para peserta lomba pun wajib menggunakan pakaian yang rapi dan sopan. Tidak hanya itu, peserta juga harus menyebutkan station ID “107.8 MRadio” dan tagline “Your Truly Friends” serta sapaan terhadap audience yaitu “Mlistenners”.

Perlombaan pun berjalan dengan lancar karena para peserta mematuhi seluruh peraturan dan ketentuan dari pihak penyelenggara lomba. Pengumuman pemenang lomba nantinya akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2024 melalui instagram @m_radioumj

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistenners nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

Instagram         : @m_radioumj

Tiktok              : @m_radioumj

Youtube           : MRadioumj

(writer              : Alma Zahra Tanjung dan Siska Aulia)

(Editor             : Muhammad Ariibah Saputra)