Tim Nasional Badminton Indonesia Mundur Dari BATC 2024

Badminton Asia Team Championships (BATC) merupakan turnamen bulu tangkis beregu tingkat Asia yang diselenggarakan oleh Konfederasi Bulu Tangkis Asia. BATC 2024 berlangsung di Setia City Covention Center, Shah Alam, Selangor, Malaysia. Pada ajang kejuaraan ini, Tim Nasional Putra dan Putri Indonesia meraih hasil yang kurang baik dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Timnas putra terpaksa mundur dengan skor 2-3 di babak perempat final setelah melawan Cina pada Jumat (16/02/2024), hasil berikut diketahui setelah pertandingan pemain tunggal ketiga Indonesia, Yohanes Saut Marcellyno kalah 15-21, 22-24 dari Whang Zheng Xing. Permainan Yohanes cenderung baik dengan memainkan shuttlecock yang variatif untuk mengikuti alur perlawanan dari Whang, sehingga dapat mengimbangin skor walaupun usahanya tidak berbuah hasil yang ia harapkan. “Saya meminta maaf kepada publik bulutangkis Indonesia, juga kepada rekan setim dan juga pelatih. Tetapi dari penampilan saya hari ini ke depan saya akan berusaha terus mengembangkan kemampuan,” ujar maaf Yohanes Saut seusai pertandingan dalam rilis PBSI.

Yohanes merasa dapat mengambil banyak pelajaran dari kekalahannya pada pertandingan ini, “Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari debut saya tampil di kejuaraan beregu. Saya bisa mendapatkan suasana penonton dan suasana teman-teman. Ini kan kejuaraan beregu, saya bisa merasakan betapa kebersamaan dan kekompakan itu sangat penting. Pengalaman ini bakal menjadi batu loncatan bagi saya untuk bisa meloncat lebih tinggi lagi,” ucap Yohanes.

Sementara itu, Timnas putri juga gugur dalam mempertahankan gelar di Badminton Asia Team Championship 2024 setelah kalah telak dari Thailand 1-3 pada Sabtu (17/02/2024). Dalam pertandingan pemain ganda, Amalia Cahaya Pratiwi/Rachel Allessya Rose gagal menyumbang poin dalam pertandingan ini, melawan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard dengan skor 22-24, 14-21, dengan ini menyatakan bahwa Indonesia tidak dapat melanjutkan ke final. “Saya minta maaf ke tim karena belum mampu menyumbangkan angka di partai pertama ini. Sebenarnya saya sudah mempersiapkan diri dengan baik pola permainan untuk menghadapi lawan. Cuma di tengah lapangan saya terlalu lambat. Selain itu di gim pertama dan awal gim kedua saya terbawa dan mengikuti pola permainan lawan,” ujar Putri Kusuma Wardani usai kalah di semifinal. Namun, tetap berhasil mengamankan posisi mereka ke Uber Cup 2024 yang akan berlangsung pada 28 April hingga 5 Mei 2024 mendatang.

Jangan lupa follow sosial media MRadio, biar Mlistener nggak ketinggalan info-info menarik lainya!

Instagram : @m_radioumj

Tiktok : @m_radioumj

Youtube : MRadioumj

(Writer : Salsabilla Narissa D.)

(Editor : Muhammad Ariibah Saputra)

Source : sport.detik.com